Rabu, 06 Februari 2008

Sisi Unik Tikus, Aktor di Balik Tahun Baru Imlek


Tahun baru China atau lebih dikenal dengan Imlek jatuh pada Kamis besok (07/02/08), meski menurut penanggalan China tahun baru ini sebenarnya jatuh pada Senin lalu (04/02) tepat jam 7 malam, yang artinya tiga hari lebih cepat dari yang sebelumnya ditetapkan.

Dan di tahun 2559/2008 ini, tikus menjadi lambang shio tahun baru China. Nah, berbicara tentang tikus itu sendiri, bagaimana reaksi Anda pada binatang yang kerap kali dianggap sebagai pengganggu ini?

Beragam pandangan akan dilabelkan untuk binatang yang tenar jadi ikon Disney dengan Mickey Mouse-nya, mulai dari kecerdikannya, kegesitannya, kerakusannya, dan kesukaannya tinggal di tempat kumuh membuat sebagian besar orang jijik dan menganggapnya musuh.

Namun tak begitu halnya dengan para ilmuwan yang menyanjung binatang imut ini, seperti halnya Dr Kristina Kalivoda dari Universitas Texas A&M, yang menyebut tikus sebagai binatang yang sangat pintar, dan bahkan bisa jadi binatang peliharaan yang menyenangkan, seperti dilansir dari Sciencedailiy.com, Rabu (06/02/08).

Ada beberapa fakta unik yang mungkin tak banyak diketahui tentang tikus ini, karena mayoritas orang lebih suka melabeli tikus dengan binatang menjijikkan. Menurut Kalivoda, tikus adalah hewan pintar dan memiliki banyak keunikan, seperti:

- tikus memiliki rentang hidup antara 1-3 tahun

- tikus tidak memiliki kantung empedu

- tikus juga ga bisa muntah

- tikus juga dikenal sebagai binatang yang produktif untuk urusan beranak. Sepanjang hidupnya, mereka bisa beranak 15 ribu ekor dan bisa dibilang tikus betina menghabiskan sepanjang hidupnya hanya untuk hamil dan beranak

- Tikus memiliki gigi yang menakjubkan, tak salah jika tikus dijuluki binatang pengerat bergigi paling tajam

- Tikus juga memiliki beragam warna, ada yang hitam, abu-abu, pirang, perak, dan albino, entah itu yang bertelinga pendek atau panjang

- Tikus paling besar hidup di Afrika, tingginya bisa mencapai 3 kaki (91,44 cm) atau hampir setinggi anjing kecil

- Tikus juga dikenal sebagai perenang tangguh

- Tikus dikenal sebagai binatang ekspresif, yang tertawa atau mencicit saat mereka bingung

- Tikus adalah hewan favorit para ilmuwan sebagai objek penelitian mereka

"Tikus itu binatang yang cerdik dan pintar. Mereka juga memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Jika Anda meletakkannya di dalam sebuah labirin, ia akan menemukan jalan keluarnya dengan cepat. Tikus termasuk hewan sosial dan bisa jadi sangat jinak, dapat dilatih, dan melakukan banyak trik sulit, yang belum tentu bisa dilakukan binatang lain," jelas Kalivoda.

Itu hanya sekilas info biologis tentang tikus, lalu bagaimana pandangan tikus itu sendiri dalam kaca mata astrologi China? Seperti dilansir dari Chiff.com, bagaikan tikus, tahun ini mayoritas orang akan disibukkan dengan tujuan pribadi dan ambisi yang belum tercapai di tahun lalu. Maklum tikus sendiri dianggap sebagai simbol kerja keras dalam astrologi China.

Dan bagi mereka yang lahir di tahun tikus (1912, 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996), tahun tikus ini bisa jadi tahun penuh hoki, entah dalam kehidupan personal maupun profesional, kesempatan bagus terbuka lebar. Meski beberapa kesialan juga mengikuti mereka yang bershio tikus, karena kecenderungan berspekulasi nekat.

Tentu itu hanya sebatas ramalan, yang tak sepenuhnya benar. Namun tak ada salahnya 'beberapa perilaku positif ' tikus, (terutama kecerdikannya dalam menyelesaikan masalah), bisa mengubah cara pandang kita dan menjadi langkah menghadapi tahun tikus kali ini. Selamat Tahun Baru Imlek! Semoga keberuntungan dan sukses menyertai kita! (kpl/rit)

Komentar :

ada 0 komentar ke “Sisi Unik Tikus, Aktor di Balik Tahun Baru Imlek”
 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN